Catatan Anak Sastra Jawa UI

gue prihatin dengan apa yg terjadi dijurusan kita tercinta ini. sebagian dari kita sering banget merasa minder gara” kita menyandang jurusan “Sastra Jawa”. apa yg salah dengan jurusan yg kita ambil ini? apa karna pasing gred masuk jurusan ini yg paling rendah se-ui? toh banyak juga yg ga diterima jurusan ini. berarti jurusan ini bukan jurusan yg dianggap “nyampah” atau  “buangan” di ui ini.

 

kalo yg diomongin soal masa depan bakal jadi apa,  gue emang ga pernah tau masa depan gue bakal jadi apa lantaran masuk sastra jawa. gue sadar kit bukan anak FK yg pinter atau anak FE yg masa depannya lebih terjamin, tapi bukan berarti sastra jawa ga punya masa depan dan bodoh!

 

terus apa yg kita banggain dengan jurusan kita ini? “kita adalah pejuang budaya asli Indonesia khususnya budaya jawa”

 

tapi ada yg menyedihkan pemirsa dari pernyataan yg gue garis bawahi itu.

masih inget tentang PK beberapa bulan lalu? Sastra belanda dengan kerennya nampilin drama yg berjudul “tragedi malam 1 suro” yg menurut gue itu adalah jawa banget. belom lagi JIP nampilin soal merapi yg nuansanya jawa banget.sejarah dengan perang bubatnya yg juga berunsur jawa. sebenernya ini semua bukan masalah buat kita. tapi satu hal, pasti ada rasa cemburu yg timbul dlm hati kita.

Inget soal acara echo batik yg diselenggarain anak arkeologi? seakan tamparan buat gue. seharusnya kita yg ngangkat acara semacam itu.

 

saat acara festifal jawa yg baru berakhir kemaren itu, rasanya juga sedih banget. bukan maksud gue mengkritik panitia sebelomnya ya gue sadar kok panitia sudah berusaha dan bekerja keras demi jurusan ini, jujur gue akuin acara itu sepi banget ga kaya acara” lain. entah karna kurang menarik, apa kurang publikasi, atau mendadak gue ga ngerti. tapi rasanya sedih aja.

 

terlepas dari itu semua, kita bangga, sedu, bahagia, kita bersama sahabat” kita tercinta yg baik, care, kompak. mulai dr awal kita masuk satra jawa. masih inget juga kan kita pernah MENANG yel” pas PSA MABIM loh.gue yakin bersama kalian, sahabat” tercinta dijurusan ini semakin kita jaga kekompakan kita ini, bukan tidak mungkin jurusan kita ini tidak akan dipandang sebelah mata lagi karna usaha dan kerja keras kita semua. gue bangga dengan teman” semua. tetep semangat dijurusan ini.yakin pasti bisa

 

 

  1. Hidup mahasiswa!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

