Hukum Sebagai Perikelakuan yang Ajeg atau Sikap Tindak yang Teratur Serta Kaitannya dengan Maraknya Amuk Massa

Oleh: Rizky Ramadhani

Siapa yang tidak mengenal hukum. Segala hal dalam hidup ini memiliki aturan, dan aturan-aturan yang mengikat dan memaksa itulah yang disebut sebagai hukum. Hukum merupakan alat penata kehidupan bagi manusia. Hukum juga menjadi acuan manusia untuk berperilaku yang benar dan teratur. Tanpa hukum, maka tidak ada tatanan, tidak ada sistem, tidak ada kehidupan yang teratur. Manusia menciptakan hukum untuk dijadikan sebagai pedoman kehidupannya. Itulah gambaran awal tentang hukum. Bagaimana hukum dijadikan sebagai sikap tindak yang teratur, serta kaitannya dengan kasus amuk massa yang marak belakangan ini? Dalam tulisan ini akan dipaparkan berdasarkan referensi buku Hukum dan Perilaku oleh Satjipto Rahardjo.

Menurut Satdjipto Rahardjo fundamental hukum terletak pada cara hidup kita dengan berperilaku yang baik. Prilaku baik adalah tolak ukur keberhasilan fungsi-fungsi hukum. Dalam hukum terdapat nilai-nilai moral tentang yang mana yang baik dan yang buruk. Nilai moral tersebut menuntun manusia berprilaku semestinya. Ketika prilaku manusia menyimpang dari yang seharusnya maka fungsi hukum tidak berhasil.

Hukum sebagai perilaku yang ajeg berarti hukum dijadikan landasan bersikap, bertingkah laku baik, sesuai dengan aturan-aturan norma yang berlaku dimasyarakat.Hukum harus menjadi pegangan seseorang dalam berbagai hal. Ketika hukum tidak lagi dijadikan sebagai landasan bersikap, berperilaku yang baik dengan penuh tanggung jawab, maka suatu sistem atau tatanan masyarakat tidak akan dapat dijalankan secara teratur.

Amuk masa merupakan salah satu bentuk penyimpangan aturan hukum. Tindakan amuk massa adalah tindakan yang berkebalikan dengan perilaku ajeg yang ditanamkan dalam hukum. Apabila terjadi peristiwa amuk massa berarti ada yang salah dengan hukum yang kita pegang teguh. Apakah karena penegakkan hukumnya saja oleh para aparat penegak yang lemah, atau karena hukum yang dibuat oleh para legislatif yang tidak sesuai. Yang pasti bahwa amuk massa apapun alasannya merupakan suatu bentuk pelanggaran hukum.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: