Krisis Pangan dan Kerusakan Lingkungan dalam Lingkup Diversitas Biologi

Diversitas biologi adalah kekayaan keanekaragaman mahkluk hidup di bumi. Diversitas biologi atau biodiversitas dipengaruhi oleh berbagai macam hal baik pengaruh manusia maupun alam. Alam dapat mempengaruhi tingkat kekayaan biodiversitas baik secara negative maupun positif. Bencana alam misalnya akan berdampak negatif terhadap menurunnya jumlah keanekaragaman hayati karena kepunahan. Sisi positifnya sebagai contoh kondisi alam yang subur menunjang tumbuhnya berbagai macam tanaman yang memperkaya tingkat keanekaragaman hayati. Sementara itu dari segi manusia, nilai positif misalnya manusia dapat melakukan pengembangan perkawainan antar spesies sehingga membentuk spesies baru itu merupakan hal positif dari sisi manusianya. Sedangkan global warming yang disebabkan efek gas rumah kaca yang ditimbulkan dari aktifitas manusia merupakan dampak negative terhadap keanekaragaman hayati karena membuat beberapa jenis mahkluik hidup menjadi punah.

Krisis Pangan yang terjadi belakangan ini merupakan dampak dari negatif dari menurunnya tingkat keanekaragaman hayati. Penyebabnya bisa terjadi karma Sumber Daya Manusia untuk pertanian yang minim bisa juga karena faktor ala, mulai dari perubaham musim sebagai akibat dari global warming.maupun bencana alam seperti gunung meletus. Krisis pangan itu sendiri dapat ditangani dengan bantuan manusia juga yaitu dengan melakukan perkawinan silang misalnya untuk memaksimalkan produksi pangan. Misalnya saja padi atomia merupakan jenih padi hasil mutasi radiasi atom agar menghasilkan bibit padi unggul. Hal semacam itu merupakan salah satu solusi mengatasi masalah krisis pangan tersebut.

Kerusakan lingkungan yang terjadi belakangan ini berdampak negatif terhadap keanekaragaman hayati. Sebagai contoh Harimau Sumatra terancam punah dan kondisinya sangat kritis saat ini karena adanya penebangan liar secara besar-besaran di hutan Sumatra. Apabila kegiatan illegal logging it uterus berlanjut maka bukan tidak mungkin harimau Sumatra tinggal namanya saja.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: