Perkembangan Islam pada Masa Khalifah Umar bin Khattab

Umar bin Khattab merupakan khalifah kedua setelah Abu Bakar. Pada masa pemerintahan Umar bin Khattab islam mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dibawah kepemimpinannya islam berhasil memperluas wilayah kekuasaannya mulai dari Mesopotamia, Mesir, Palestina, Syria, Afrika Utara, Armenia, serta sebagian wilayah Persia. Penakhlukan wilayah-wilayah tersebut selalu diikuti persebaran agama islam. Seringkali kaum islam dalam perang penakhlukan wilayah-wilayah tersebut mengalami ketidak seimbangan angkatan perang. Misalnya pada  pertempuran Yarmuk (636 M) pasukan muslim dengan jumlah pasukan 20 ribu orang berhasil menang melawan pasukan Romawi yang berjumlah 70 ribu orang.

 

Perkembangan islam pada masa Umar bin Khattab tidak hanya itu. Secara fisik, Umar adalah orang pertama yang memerintahkan untuk memperluas dan merenovasi Masjidil Haram di Mekkah serta Masjid Nabawi di Madinah. Khalifah Umar juga gencar melakukan pembangunan masjid disetiap desa-desa di wilayah kekuasaan Islam serta membangun banyak madrasah sebagai sarana pendidikan formal. Kota-kota yang mengalami perkembangan pesat antara lain bashrah dan kufah.

 

Pada masa khalifah Umar juga berhasil membangun banyak fasilitas umum mulai dari kantor-kantor pemerintahan, markas-markas militer, perumahan sipil, jalan, jembatan dan yang paling vital adalah sistem irigasi untuk pertanian, air minum, dan juga transportasi alternatif. Pada 17 H, umar memerintahkan langsung untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak di Madinah demi perbaikan penunjang ibadah haji, membangun tempat-tempat berteduh antara Mekkah dan Madinah, membersihkan sumur yang tersumbat serta penggalian sumur baru sebagai sumber air.

 

Di bidang kesehatan, umar melakukan pembangunan banyak rumah sakit serta klinik-klinik, bahkan juga sarana kesehatan hewan. Dalam bidang administrasi kenegaraan, Khalifah Umar berhasil meletakkan dasar undang-undang. Ia adalah khalifah pertama yang memisahkan kekuasaan eksekutif dan kekuasaan yudikatif.. Khalifah umar juga melakukan perbaikan sistem hukum dengan membuat peraturan-peraturan baru serta membangun beberapa penjara. Meski demikian, Umar tetap menegakkan hukum dengan bijaksana, penuh hikmah dan kelembutan hati.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: