Perkembangan IPTEK Umat Islam dalam Kajian Alquran

Oleh Rizky Ramadhani, 1006700072

Berbagai macam ilmu, banyak sekali terdapat dalam Alquran. Umat islam seharusnya menyadari hal itu sejak dulu. Meskipun bukti kebenaran ayat alquran tentang iptek itu tidak ditemukan oleh umat islam sendiri, tapi paling tidak apa yang terdapat dalam Alquran itu benar adanya.Berikut beberapa ilmu pengetahuan yang terdapat dalam Alquran.

Madu adalah Obat.

“kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. 16:69)

Sebelum orang mempelajari iptek lebih jauh, alquran telah memberitahukan manusia bahwa madu merupakan obat bagi manusia.Sekarang, berdasarkan riset terbukti bahwa madu memang dapat menjadi obat berbagai macam penyakit.

Air Susu Ternak, Minuman yang Sehat.

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (QS. 16:66)

Pada zaman dahulu, orang tidak mengira bahwa air susu ternak dapat diminum oleh manusia. Sekarang, air susu ternak menjadi minuman popular yang menyehatkan karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

 

Perkembangan Embrio dalam Rahim

 “Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan sesuatu yang melekat dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging, kemudian kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Mahasucilah Allah, Pencipta yang paling baik.” (QS. 23:14)

“Kemudian Dia menyempurnakannya dan meniupkan ke dalam tubuhnya roh (ciptaan)-Nya, dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati.” (QS. 32:9)

Dua potongan ayat diatas merupakan bukti bahwa alquran merupakan sumber ilmu pengetahuan termasuk dalam bidang kedokteran.

Peredaran Benda-benda Angkasa Dalam Garis Edarnya.

Ditegaskan bahwa masing-masing benda langit (bumi dan matahari) bergerak dalam orbit atau garis edar tertentu.

“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” (Al Qur’an, 21:33)

Disebutkan pula dalam ayat yang lain bahwa matahari tidaklah diam, tetapi bergerak dalam garis edar tertentu:

“Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (Al Qur’an, 36:38)

Dari berbagai macam ilmu pengetahuan tersebut, seharusnya umat islam bisa mengembangkan lebih jauh lagi dengan cara meneliti isi kandungan Alquran secara lebih teliti sehingga di masa depan umat islam tidak tertinggal lagi oleh orang-orang non muslim.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: